pembagian harta gono gini No Further a Mystery

Wiki Article

Perlu diketahui bahwa istilah ‘harta gono-gini’ ini tidak dikenal dalam hukum. Namun, jika merujuk pada definisi di atas, harta yang berhasil dikumpulkan selama berumah tangga dikenal dalam hukum dengan istilah harta bersama. Hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 35 ayat (1) UU Perkawinan

Notaris di Pamulang berpendapat bahwa pembagian harta bersama atau komunal harus menentukan hukum yang berlaku dan sesuai dengan permasalahan yang ada (Ubaidillah, 2022). Pengadilan agama konsisten dalam menyelesaikan perkara terkait pembagian harta bersama akibat perceraian.

Quick Remedy: Ketika “harta bersama” (atau biasa disebut dengan istilah “harta gono-gini”) dijual sekalipun tanpa izin suami / istri yang terikat perkawinan yang sah berdasarkan hukum negara dan tiada perjanjian pemisahan harta yang dicatatkan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, maka dana hasil penjualan masuk dalam “harta bersama” pula, sehingga sejatinya hanya mengalih-wujudkan dari aset harta bergerak atau tidak bergerak, menjadi dana cair berbentuk uang cash (kartal) ataupun dana di rekening (giral).

Temukan definisi istilah-istilah hukum secara free of charge dan tepercaya dari peraturan perundang-undangan

3 min Pernikahan adalah ikatan suci antara dua individu yang membentuk keluarga. Dalam perjalanan pernikahan, terkadang terjadi pembagian harta gono gini untuk anak ketika suami dan istri memutuskan untuk berpisah atau bercerai.

Dalam Islam, pembagian harta gono gini diatur secara khusus. Islam memandang harta bersama sebagai hasil kerjasama suami istri dan memiliki prinsip adil dalam pembagiannya. Pembagian harta gono gini menurut Islam harus dilakukan dengan adil dan sesuai dengan kontribusi masing-masing pihak dalam mengumpulkan harta tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurus pembagian harta gono-gini perceraian. Hal ini dilakukan agar baik pihak suami atau pihak istri memperoleh pembagian yang adil terkait harta bersamanya setelah bercerai nanti. Simak berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengurus pembagian harta gono-gini tersebut. 

Nominal biaya yang disampaikan dalam artikel ini mungkin tidak mutlak sesuai dengan daerah Anda. Namun, Anda bisa menjadikan pembahasan ini sebagai patokan untuk menyiapkan biaya yang diperlukan dalam melakukan gugatan harta gono-gini.

Dengan adanya ketentuan yang mengatur tentang harta bawaan tersebut, maka standing rumah tersebut adalah merupakan harta bawaan dari ayah Anda dan dia mempunyai hak sepenuhnya untuk melakukan perbuatan hukum mengenai harta bendanya [pasal 36 ayat (1) UUP].

Jika berdasarkan Undang-Undang Perkawinan, pembagian harta gono gini akan dilakukan secara adil yaitu ½ dari keseluruhan harta bersama yang ada. Namun ketika suami berselingkuh dan tidak bisa memenuhi kewajibannya seperti memberikan nafkah, maka hakim bisa saja mempertimbangkan besaran jumlah harta gono gini yang diberikan pada suami tidak bisa dibagi rata sesuai dengan aturan UU Perkawinan.

Seluruh informasi hukum yang pembagian harta gono gini ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.

Dalam hukum pernikahan di Indonesia, terdapat prinsip dasar bahwa harta bersama yang diperoleh selama pernikahan harus dibagi secara adil antara suami dan istri.

Sehingga ketika terjadi perceraian, baik suami atau pun istri akan mendapatkan hak mereka sesuai dengan yang disepakati dalam perjanjian.

Pertama adalah dengan mengajukan gugatan tersebut ke pengadilan agama atau pengadilan negeri di wilayah tergugat. Namun jika tergugat tidak diketahui keberadaannya, harta gono gini maka gugatan bisa diajukan di pengadilan tempat tinggal penggugat.

Report this wiki page